Keunggulan peralatan dapur dan interior ruangan berbahan stainless steel

Keunggulan peralatan dapur dan interior ruangan berbahan stainless steel

Logam stainless steel merupakan bahan material terbaik yang paling direkomendasikan dalam memproduksi peralatan dapur dikarenakan logam ini memiliki sifat "anti korosi" yang memicu suatu logam mengalami berkarat. Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan peralatan dapur stainless steel kita dapat menghasilkan masakan yang berkualitas baik juga terjamin aman untuk dikonsumsi.

Keunggulan lainnya adalah dari segi perawatan, bahan stainless dikenal sebagai material yang mudah sekali untuk dibersihkan karena mempunyai tekstur yang rata, licin, dan tidak berpori sehingga karena hal ini jugalah yang membuat material stainless steel sangat kuat dan kokoh.

Dapur merupakan tempat untuk melakukan aktivitas memasak atau membuat makanan. Sehingga kebersihan adalah prioritas utama. Dengan dapur yang bersih akan menghasilkan makanan yang bersih pula. Begitu juga dengan bahan untuk peralatan yang digunakan. Dengan menggunakan bahan dari stainless steel, peralatan lebih tahan lama dan awet serta aman terhadap karat dan oksidadi yang terjadi seiring dengan berjalanya waktu.

Keunggulan Paralatan Dapur, Interior, hingga Eksterior berbahan Stainless Steel

1.     Mudah dibersihkan

Bahan stainles steel merupakan salah satu bahan yang paling mudah untuk dibersihkan. Karena teksturnya yang rata dan licin, sehingga aman ketika dibersihkan. Peralatan dapur dari stainless steel tidak menyerap air karena tidak mempunyai pori atau lubang.

2.     Bersifat isolator

Peralatan dapur dari bahan stainless steel bersifat isolator. Sifat isolator ini membuat bahan stainless tidak mudah menempel dengan bahan lain sehingga tidak menimbulkan kerak atau kotoran lainya.

3.     Bahan berkualitas terbaik

Karena bahan stainless mempunyai tingkat kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap oksidasi dan korosi. Bahan stainless sangat ideal untu peralatan dapur restoran, hotel dan sebagainya. Serta bahan stainless juga digunakan sebagai finishing yang menarik dan tidak membutuhkan biaya perawatan yang mahal.

4.     Sangat kuat

Bahan stainless steel adalah bahan paling kuat. Karena terbuat dari logam atau alumunium sehingga kuat dan tidak mudah patah atau penyok karena benturan ataupun ketika jatuh.

5.     Tidak mengandung pori

Bahan stainless terbuat dari logam sehingga permukaannya rapat dan tidak mengandung pori. Karena tidak mengandung pori, peralatan dapur dari bahan stainless tidak mudah bocor atau retak.

6.     Tahan lama

Peralatan dapur yang paling awet dan tahan lama adalah dari bahan stainless. Karena bahan pembuatnya terdiri dari kromium dan nikel.

7.     Mencegah oksidasi

Bahan stainless steel mempunyai 16 sampai 24% kromium dan 35 nikel. Bahan kromium tersebut dapat mencegah adanya oksidasi pada peralatan dapur serta bahan nikel berfungsi untuk mencegah adanya korosi sehingga paralatan dapur dapat tahan terhadap karat dan lembab.

8.     Biaya perawatan murah

Peralatan dapur dari bahan stainless mempunyai biaya perawatan yang murah. Karena stainless mudah dibersihkan dan tidak menyebabkan korosi atau karat. Serta bahan stainless juga mempunyai tekstur yang licin sehingga aman dan mudah untuk dibersihkan.

9.     Multifungsi

Peralatan dapur yang terbuat dari bahan stainless steel lebih multifungsi daripada bahan lainya. Karena bahan stainless tidak mempunyai rekasi terhadap bahan apapun ketika digunakan, sehingga tidak mempengaruhi makanan ataupun lainya.

10.    Tahan terhadap korosi

Keunggulan utama bahan stainless steel adalah anti korosi. Karena itulah yang menjadikan peralatan dapur stainless menjadi pilihan utama untuk restoran, rumah makan, hotel, dan dapur lainya.

11. Tersedia dalam berbagai alat

Karena bahan stainless steel mempunyai keunggulan yang banyak, sehingga hampir semua perlengkapan dapur terbuat dari bahan stainles steel.

12. Berdesain elegan dan memberi kesan mewah

Penggunaan stainless steel dalam pembuatan interior dan ekterior ruangan dapat meningkatkan nilai estetika dan kemewahan suatu bangunan, seperti yang Anda lihat pada foto berikut ini

Melihat banyak sekali kelebihan dari stainless steel, lalu apa sih kekurangan dari peralatan dapur dan interior ruangan berbahan stainless Steel;

1. Timbul noda bercak

Logam stainless steel memang mempunyai kekuatan melawan serangan korosi logam, namun meski begitu bahan ini dapat menimbulkan bintik putih jika digunakan terus menerus terlebih jika kerap tersentuh dengan tangan yang kurang bersih atau terkena percikan air. Maka jika hal ini terjadi, Anda harus segera memembersihkan stainless Anda dengan melakukan pengelapan ringan pada noda sebelum nantinya noda dapat menempel kuat jika lama didiamkan.

2. Dapat menghitam, berikut tips membersihkannya

Peralatan dapur berbahan dasar stainless steel jika menemui suhu yang sangat tinggi seperti api maka akan menyebabkan alat tersebut menghitam, hal ini tentu dapat terjadi pada peralatan masak. Namun jika hal ini terjadi, Anda jangan langsung panik karena stainless dapat dibersihkan dengan mudah seperti dengan cara menyiram produk Anda secara perlahan pada bagian berkerak atau gosong dengan air panas sampai terdengar suara mendesis. Anda dapat juga menggunakan garam dan air dingin untuk merendam stainless Anda selama semalaman, dan bilas dengan air panas keesokan harinya.Disamping itu Anda juga dapat menggunakan bahan yang efektif untuk membersihkan stainless steel lainnya seperti mengelapnya dengan baking soda, coca-cola, hingga jeruk nipis.

3. Lebih mahal dari material lainnya

Karena kelebihan bahan stainless steel yang banyak sekali dan juga tampil elegan, tentu membuat produk stainless steel "Asli" dengan grade anti korosi terbaik SS201, SS304, dan SS316 memiliki harga yang lebih mahal dari material lainnya seperti kayu yang mudah lapuk terlebih jika terkena air, besi yang mudah berkarat, plastik yang mudah terbakar dan rapuh, alumunium yang lebih rentan penyok dan berwarna pucat, bahkan untuk produk stainless sendiri dengan kelas bawah.